Banu Eko Susanto @banususanto
371 Posts
7k Followers
624 Following
A happy husband, father, and doctor. Passionate about cooking and painting ❤❤❤
371 Posts
7k Followers
624 Following
A happy husband, father, and doctor. Passionate about cooking and painting ❤❤❤
Ini pendamping pecel tempe terong kemarin ya...semua orang pastinya juga bisa bikin sayur bening, dan ini sayur bening ala saya dan istri. Hampir tiap hari saya makan sayur bening. Tiap malam malam pulang kerja sama istri selalu disiapkan sayur bening untuk cemilan. Katanya daripada jajan malam2 mending ngemil sayur bening aja ndak bikun gendut 😂😂😂 . . . . SAYUR BENING oleh: @banususanto Bahan: bayam 2 ikat kecil, disiangi 1 buah jagung, potong-potong 1 buah wortel, potong-potong 1200 cc air Bumbu: 5 siung bawang merah, diiris 1 siung bawang putih, diiris temu kunci 2cm, digeprak Cara memasak: 1. Didihkan air dalam panci. 2. Masukkan bawang putih, bawang merah, jagung, wortel, dan temu kunci ke dalam panci. Rebus sampai sayuran empuk 3. Masukkan bayam, tambahkan garam dan gula. Masak sampai bayam matang. Sajikan Untuk 4 porsi SELAMAT MENCOBA
86 28
Happy Saturday teman-teman...saatnya memeriahkan #hlfunbake dari @homemadeloversss #homemadelovers. Di edisi #hlfunbake121 kali ini temanya kreasi galette #hlgalette ide dari @peng_chia_veronica. . . Awalnya saya bingung galette iku panganan opo...dan setelah baca baca ternyata ini adalah makanan khas perancis, bisa sweet bisa pula savory. Cari-cari resep akhirnya nemu resep galette yang cukup simpel dari @mba@mbaiyyaaitu strawberry galette (ijin contek resep ya mba ira 🙏🙏). Masih banyak sisa puff pastry di freezer, next time mau coba bikin yang savory . . . STRAWBERRY GALETTE Rebake: @banususanto Resep: @mbaiyya dgn sedikit modifikasi Bahan : 1 lembar puff pastry instan 150 gr strawberry, potong-potong 3-4 sdm gula pasir (menyesuaikan keasaman strawberry) 1/2 sdt lemon zest 1 sdm maizena 1 sdt vanilla extract Olesan: 1 butir kuning telur 1 sdm madu gula pasir dan kenari cincang secukupnya, untuk taburan Cara membuat: 1. Alasi loyang persegi dengan kertas roti dan sedikit margarin. Panaskan oven 2. Campur potongan strawberry dengan maizena, gula, vanilla extract, dan lemon zest. Aduk rata. 3. Letakkan puff pastry di meja kerja yg sudah ditaburi tepung terigu. Pipihkan sedikit puff pastry dengan rolling pin, lalu potong bentuk bundar seukuran piring makan. Pindahkan puff pastry ke atas loyang 4. Tuangkan campuran strawberry tadi di atas puff pastry, lipat pinggiran puff pastry lalu rapikan sehingga berbentuk seperti mangkok. 5. Tusuk-tusuk permukaan puff pastry dengan garpu agar tidak terlalu mengembang saat dipanggang. 6. Beri olesan, taburi sedikit gula pasir dan cincangan kenari. 7. Oven galette sampai kulitnya matang dan berwarna kecoklatan. Note: Lemon zest adalah parutan kulit lemon bagian kuningnya. Jangan sampai kena bagian putihnya, nanti bisa pahit SELAMAT MENCOBA
112 39
Ini makanan khas Kediri yang sepertinya sudah mulai langka. Hanya diwariskan turun temurun sebagai menu rumahan, tapi tidak ada warung atau rumah makan yang jual (kalau kecil saya masih ada yang jual). Makanan favorit saya dari kecil nih, buat lauk sayur bening atau juga langsung dengan nasi juga sudah nikmat. . . Kalau mendengar istilah pecel pasti yang terlintas adalah bumbu dari kacang...nah kalo pecel tempe terong yang satu ini beda. Bumbunya dari santan kental yang tentu saja gurih sekali...berpadu dengan segarnya daun jeruk dan kencur, serta rasa pedas nendang dari cabe rawit. Salah satu menu rumahan favorit bagi saya sepanjang masa 😊😊😊 . . . . PECEL TEMPE TERONG Oleh: @banususanto Bahan: 2 papan tempe (800-1000 gr), potong jadi 12 2 buah terong, potong memanjang 300 cc santan instan kental 500 cc air 1 ikat kemangi, disiangi 1/2 genggam taoge lalapan Bumbu dihaluskan: 8 siung bawang putih 5 cm kencur 7 lembar daun jeruk 6 butir kemiri 5 buah cabe merah besar 40 buah cabe rawit merah 1 sachet @roycoindonesia rasa ayam 1-2 sdm gula pasir Garam secukupnya Cara memasak: 1. Kukus tempe dan terong hingga empuk dan matang. Sambil mengukus bisa menyiapkan bumbu pecel 2. Rebus air bersama bumbu halus sekitar 5 menit agar bumbu halusnya matang. Selanjutnya tambahkan santan, aduk terus agar santan tidak pecah. Masak hingga santan mendidih sekitar 1 menit. Matikan api, cicipi dan koreksi rasa 3. Penyet perlahan tempe dengan ulekan sehingga sedikit memipih (jangan sampai hancur) 4. Penyajian: Susun tempe dan terong di atas wadah. Siram dengan bumbu pecel. Taburi dengan taoge lalapan dan kemangi Untuk 4-5 porsi SELAMAT MENCOBA #JuaranyaTempe #Kediri #MasakAlaRoyco #ResepRoyco #RoycoIndonesia
240 118
Selamat siang teman-teman. Mau masuk bulan Romadhon sekarang hobinya bikin yang seger-seger ya 😅😅😅. Ni salah satu es yang gampang banget bikinnya, ndak perlu ribet. Ikutan bikin yuk...😊😊😊 . . . . . ES MELON SELASIH Olleh: @banususanto Bahan: ¼ buah melon (berat 600-700 gr), serut ½ sdm selasih, rendam air panas, tiriskan 200 gr nata de coco 200 cc sirup melon 600 cc air Es batu secukupnya Cara membuat: Campur semua bahan jadi satu. siap dihidangkan. Untuk 4-5 porsi SELAMAT MENCOBA
306 131
Sarapan dulu yuk sebelum nyoblos teman-teman. Sudah lama ngidam mi nyemek ala bunda @mrs@mrs@mrs.wijaya sejak beberapa minggu lalu, kebetulan bahan ada semua (bersih bersih freezer dan dapur ceritanya)...tinggal beli sayurnya saja. Ijin contek resepnya ya bunda @mrs.wijaya 🙏🙏🙏 . . . . MI NYEMEK Recook: @banususanto Resep: bunda @mrs.wijaya Bahan: 100 gr mie kuning kering, rebus hingga empuk, tiriskan 100 gr fillet ayam, potong-potong 10 ekor udang kupas 1 buah telur diorak arik 3 - 4 lembar pok choy, potong-potong 3 lembar kol, potong-potong 400 cc air 1 buah tomat, diiris 1 tangkai daun bawang, iris Lada dan garam secukupnya Minyak untuk menumis Bumbu saus (campur jadi satu): 1 sdm saus raja rasa 1 sdm saus tiram 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap manis (saya 2 sdm) Bumbu dihaluskan: 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 1 buah cabe merah besar 15 cabe rawit merah 3 butir kemiri Pelengkap: acar, kerupuk, irisan daun bawang, bawang merah goreng Cara memasak: 1. Tumis bumbu halus hingga harum, selanjutnya masukkan udang, ayam, dan telur orak arik. Masak hingga udang dan ayam berubah warna, masukkan air dan didihkan 2. Setelah air mendidih, masukkan mi, sayuran, bumbu saus, lada, dan garam. Aduk-aduk hingga semua tercampur rata. Cicipi dan koreksi rasa. Matikan api bila sayuran sudah layu. 3. Sajikan mi nyemek dengan taburan daun bawang dan bawang merah goreng. Tambahkan kerupuk dan acar Untuk 2 porsi SELAMAT MENCOBA
298 103
Selamat hari senin teman-teman. Memasuki hari senin saatnya memeriahkan upload bersama @thegaring.ig. Memasuki #thegaring210 , tema kali ini "Aneka Olahan Singkong" ide dari @vinascookingjourney. Saya bikin kroket singkong keju. Ini enak sih menurut saya, ndak kalah dengan kroket kentang....yang penting singkong yang dipakai harus empuk. Tips membantu memilih singkong empuk: 1. Tanah masih basah tanda barusan dicabut singkongnya 2. Bila dipotel kulit arinya warna kemerahan/pink menyala . . . . KROKET SINGKONG KEJU Oleh: @banususanto Bahan Kulit: 600 gr singkong kukus, haluskan 1/2 - 1 butir telur kocok lepas (menyesuaikan kelembekan adonan) 160 gr keju cheddar parut ½ siung bawang bombay (cincang, tumis sedikit minyak lalu haluskan) 2 siung bawang putih (cincang, tumis sedikit minyak lalu haluskan) ½ butir pala, haluskan ½ sdt lada halus Secukupnya garam Bahan isian: 100 gr daging sapi giling 50 gr wortel potong dadu 50 gr kacang polong 1 batang daun bawang, dirajang 2 sdm tepung terigu, larutkan sedikit air 1 sdm margarin untuk menumis Bumbu Isian: ¼ bawang bombay, cincang 1 siung bawang putih, cincang ¼ butir pala, dihaluskan ¼ sdt lada halus 1 sdm saus tiram Secukupnya garam Bahan pelapis: 2 butir telur kocok lepas Tepung terigu secukupnya Tepung panir halus (diblender dulu) secukupnya Cara memasak: 1. Tumis bumbu isian dengan margarin hingga harum. Masukkan daging giling, tumis hingga matang. Masukkan sayuran, tambahkan saus tiram, lada, pala, dan garam. Tumis hingga sayuran layu. Tambahkan larutan terigu. Aduk-aduk hingga mengental. Matikan api 2. Campur semua bahan kulit kroket hingga rata. Sisihkan 3. Membentuk kroket: olesi tangan dengan minyak, taruh adonan kulit di tangan dan pipihkan. Taruh isian kroket di tengahnya. Tutup adonan, pulung dengan tangan hingga berbentuk bulat lonjong. 4. Melapisi kroket: Balurkan kroket ke tepung terigu, selanjutnya celupkan ke kocokan telur, dan terakhir balurkan ke tepung panir. 5. Simpan kroket di freezer sekitar 1-2 jam agar bahan pelapis lebih merekat ke kroket. 6. Goreng kroket secara deep fried (minyak panas dan banyak) hingga berwarna coklat kekuningan. Siap disajikan Untuk 15 buah SELAMAT MENCOBA
344 142
Happy Sunday teman-teman semua...Ini sarapan kami sekeluarga tadi pagi. Ndak sempet masak dan keburu berangkat kerja 😅😅😅. . . Untungnya dapat kiriman biskuit Nissin Golden Malkist Butter dari @nissingolden...bisa buat ngemil sekaligus sarapan tadi pagi, ditemani dengan secangkir teh anget tawar...mantap lah pokoknya. . . Ini produk terbaru dari nissin ya. Malkist nya enak renyah, dipadu dengan lapisan butter yang wangi banget. Ndak terasa sudah habis satu setengah bungkus saking enaknya. Sebenernya mau nambah, tapi sisanya disimpan buat nanti sore sama besok aja, biar ndak cepet habis 😅. Beneran cemilan yang nagih deh pokoknya...ntar kalo stoknya habis saya sepertinya mau beli sendiri 😊😊😊. Untuk pembelian bisa kunjungi store mondemart @mondemart.id yang ada di tokopedia atau shopee ya teman-seman. Selamat berakhir pekan 😊
142 51
Sarapan sehat dulu ya...memanfaatkan pemberian telur pitan dari mbak @nonik_nurul beberapa minggu yang lalu. Sambal thailand nya pedes asem menggigit, dan bikin aroma tajam telur pitan hilang sama sekali, tinggal cita rasa umaminya aja yg sangat kuat. Mungkin ndak semua orang doyan telur pitan ya. Kalo bagi saya sih enak kok 😊😊😊 . . . . TOFU TELUR PITAN SAMBAL THAILAND Oleh: @banususanto Bahan: 1 buah tahu jepang besar, potong-potong 2 buah telur pitan siap santap, potong-potong Secukupnya kacang mete sangrai untuk taburan Bahan sambal thailand (campur jadi satu): 10 cabe rawit merah, cincang 10 cabe rawit hijau, cincang 3 siung bawang putih, cincang 1 buah lemon kecil, ambil airnya 2 buah jeruk limau, ambil airnya 4 sdm kecap ikan 1 sdm kecap asin 2 sdm minyak wijen 2 sdm gula palem/ gula jawa disisir 1 sdm gula pasir Cara menyajikan: Susun tahu jepang dan telur pitan di piring, siram dengan sambal thailand. Diamkan beberapa saat agar sambal meresap dan aroma tajam telur pitan berkurang oleh sambal thailand. Siap disajikan Untuk 1-2 porsi SELAMAT MENCOBA
312 93