Maafkan aku ayah ibu, astagfirullah😢 . @sandyn23_ | #sandyn23_
194 1
Jangan lupa mengingat mati, . Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan "KEMATIAN" (Hr. Tirmidzi 2307) . @sandyn23_ | #sandyn23_
285 0
Make up belum kehitung ya😂 . @sandyn23_ | #sandyn23_
243 3
Pa lagi pas di read tapi gak di bales, cakit😷 . @sandyn23_ | #sandyn23_ . . . #hijrahsantun #tul#tulisa> #tulis #saat #ini #read #rasa
2k 1
Jaga baik-baik kehormatanmu. . @sandyn23_ | #sandyn23_
243 0
Jangan lupa mengingat mati, . Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan "KEMATIAN" (Hr. Tirmidzi 2307) . @sandyn23_ | #sandyn23_
174 0
Pa lagi pas di read tapi gak di bales, cakit😷 . @sandyn23_ | #sandyn23_
242 0
Teman, maafkan aku. Mungkin ada kebiasaan kita yang tak lagi bisa aku lakukan bersama. Sebab aku sekarang, ingin benar-benar kembali mendekatkan diri kepada Allah. . Teman, jika kau masih mengingat kenangan buruk tentang diriku di masa lalu, simpanlah itu dan bantulah aku untuk menjaganya. . Terima kasih teman, . @sandyn23_ | #sandyn23_
240 0
Terima kasih,, . @sandyn23_ | #sandyn23_
220 0
Gak paapa kok, beneran😅 . @sandyn23_ | #sandyn23_
245 3
#repost @muslimahkartun Hijrah mati, gak Hijrah mati, yaudah mending Hijrah sampai mati. . @sandyn23_ | #sandyn23_
3 0
Siiaaaap??? 😁😂 . @sandyn23_ | #sandyn23_
162 3
#Repost from @san@sandyn23_ by @InstaSave.DStudio ・・・ Orang kaya mati, orang miskin mati, raja-raja mati, rakyat biasa mati. #gakusahnyanyi😅 . @sandyn23_ | #sandyn23_ #InstaSaveApp
2 0
Penghasilan memang tidak pasti, tapi riski dari Allah itu pasti. . Nb : mainan baru😁 . @sandyn23_ | #sandyn23_
234 2
Hijrah mati, gak Hijrah mati, yaudah mending Hijrah sampai mati. . @sandyn23_ | #sandyn23_
1k 5
Hijrah mati, gak Hijrah mati, yaudah mending Hijrah sampai mati. . @sandyn23_ | #sandyn23_
196 5
Memang benar, perempuan itu suka banget dengan hal yang manis, misal kau beri dia cokelat ditambah bunga, tapi itu semua untuk apa? Jika kau tak kunjung halalkan dia. Capek deh😴 . Perempuan, jangan mau sama laki-laki yang ngajak buat ngerayain hari valentine, sebab perlu kau tahu, hukumnya haram. . WallahuA'lam . #valentineharam @san@sandyn23_ | #sandyn23_ #Repost @sandyn23_ with @insta.save.repost • • •
14 0
Hanya bisa ber hu hu huuuu😌 . @sandyn23_ | #sandyn23_
286 3
#repost @muslimahkartun Orang kaya mati, orang miskin mati, raja-raja mati, rakyat biasa mati. #gakusahnyanyi😅 . @sandyn23_ | #sandyn23_
4 0
BIJAKLAH DALAM BERMEDSOS . Yuk kita jadi pengguna MEDSOS dan NETIZEN yang baik ^^ Biar kita dapet pahala buat tabungan akhirat bukan malah nabung dosa. Hisab di akhirat itu berat, kamu nggak akan kuat, sama aku juga, makanya yuk moving on (berubah) lets hijrah to jannah sebab dunia ini hanya tempat kita singgah dan kita hanya ibarat manusia yang sedang safar, ingat suatu saat kita bakal pulang sob. Nah, sempat mikir nggak klo nanti kita udah tinggal nama gimana sama akun MEDSOS kita yang penuh DOSA ??? Hiks baru di bayangin aja udah sedih banget, :' Yuk MUHASABAH SOB selagi masih di pinjemin umur sama ﷲ . . @sriyulianur | #TheSYN_ | @sandyn23_ . || Semoga Bermanfaat | #liwa | #sandyn23_ Follow | @galeriquote | #galeriqoute | @sucikanhati_ | #sucikanhati_ ||
118 13
Orang kaya mati, orang miskin mati, raja-raja mati, rakyat biasa mati. #gakusahnyanyi😅 . @sandyn23_ | #sandyn23_
963 0
@muslimahkartun - Berbeda antara sabar dan bodoh, . Orang sabar, dia akan memaafkan, tapi tidak akan membiarkan dirinya tersakiti lagi. Orang bodoh, dia akan memaafkan, dan membiarkan dirinya tersakiti lagi. . Contohnya kamu yang kerjanya putus nyambung, putus nyambung, dipikirnya pas nikah, bisa cerai nikah, cerai nikah gitu. . Capek deh, mending jomblo, terus nikah😎 @sandyn23_ | #sandyn23_ - #regrann
10 0
Orang kaya mati, orang miskin mati, raja-raja mati, rakyat biasa mati. #gakusahnyanyi😅 . @sandyn23_ | #sandyn23_
250 1
Memang benar, perempuan itu suka banget dengan hal yang manis, misal kau beri dia cokelat ditambah bunga, tapi itu semua untuk apa? Jika kau tak kunjung halalkan dia. Capek deh😴 . Perempuan, jangan mau sama laki-laki yang ngajak buat ngerayain hari valentine, sebab perlu kau tahu, hukumnya haram. . WallahuA'lam . #valentineharam @sandyn23_ | #sandyn23_
284 11
Allah itu terlalu baik sama kita, kita aja yang kebanyakan soudzon sama Allah, terlalu banyak berpikir untuk hijrah, dan istiqomah, "bisa gak ya, Allah ampuni dosaku" padahal Allah sedang menunggu kita. Allah itu, gak peduli seberapa banyak dosa yang kita buat, percaya deh Allah gak peduli, asalkan kita mau kembali kepadanya. Allah itu sebenarnya gak mau berikan ujian ataupun cobaan untuk membuat kita sadar, tapi mau gimana lagi, karena kita sudah terlalu jauh dari Allah, sehingga Allah mendatangkan ujian untuk membuat kita kembali. Kurang apa coba Allah sama kita? Tapi kok kitanya gampang banget buat dosa, gampang banget buat Allah kecewa, gampang banget nyakiti diri kita sendiri, padahal Allah saja gak mau kita tersakiti. Percaya deh, sekarang Allah sedang menunggu kita, yuk hijrah. WallahuA'lam, semoga bermanfaat Syukron, jazakumullah khair atas ilmunya ustadz @hanan_attaki @sandyn23_ | #sandyn23_
214 5
Halalkan atau lupakan😌 . @sandyn23_ | #sandyn23_
300 9
Setiap pertemuan dan perpisahan pasti terdapat alasan. . @sandyn23_ | #sandyn23_
283 3
#Repost @muslimahkartun (@get_repost) ・・・ Berbeda antara sabar dan bodoh, . Orang sabar, dia akan memaafkan, tapi tidak akan membiarkan dirinya tersakiti lagi. Orang bodoh, dia akan memaafkan, dan membiarkan dirinya tersakiti lagi. . Contohnya kamu yang kerjanya putus nyambung, putus nyambung, dipikirnya pas nikah, bisa cerai nikah, cerai nikah gitu. . Capek deh, mending jomblo, terus nikah😎 @sandyn23_ | #sandyn23_
11 0
Lakukan karena Allah, bisa jadi apa yang kita kerjakan tapi belum tercapai, penyebabnya mungkin bukan karena Allah. Yakin, percaya. Bahwa sesuatu bila dikerjakan karena Allah, disandarkan kepada Allah, Insyaa Allah selalu ada jalan. Tidak ada yang mustahil bagi Allah, jarak Nabi Adam dan Hawa terhitung sangat jauh, tapi Allah mampu mempertemukan mereka berdua, Allah mampu. Lakukan, lakukanlah karena Allah, jangan sampai nila setitik merusak susu sebelanga, sedikit saja niat kita salah, habis, semuanya habis. Tiada daya upaya selain pertolongan dari-Nya, WallahuA'lam. Syukron, jazakumullah khair atas ilmunya ustadz @ustadzadihidayat @sandyn23_ | #sandyn23_
173 0
Berbeda antara sabar dan bodoh, . Orang sabar, dia akan memaafkan, tapi tidak akan membiarkan dirinya tersakiti lagi. Orang bodoh, dia akan memaafkan, dan membiarkan dirinya tersakiti lagi. . Contohnya kamu yang kerjanya putus nyambung, putus nyambung, dipikirnya pas nikah, bisa cerai nikah, cerai nikah gitu. . Capek deh, mending jomblo, terus nikah😎 @sandyn23_ | #sandyn23_
2k 21
. Follow @hij@hijrahsquad.id Follow @hijrahsquad.id . .Berbeda antara sabar dan bodoh, . Orang sabar, dia akan memaafkan, tapi tidak akan membiarkan dirinya tersakiti lagi. Orang bodoh, dia akan memaafkan, dan membiarkan dirinya tersakiti lagi. . Contohnya kamu yang kerjanya putus nyambung, putus nyambung, dipikirnya pas nikah, bisa cerai nikah, cerai nikah gitu. . Capek deh, mending jomblo, terus nikah😎 @sandyn23_ | #sandyn23_
6k 25
Berbeda antara sabar dan bodoh, . Orang sabar, dia akan memaafkan, tapi tidak akan membiarkan dirinya tersakiti lagi. Orang bodoh, dia akan memaafkan, dan membiarkan dirinya tersakiti lagi. . Contohnya kamu yang kerjanya putus nyambung, putus nyambung, dipikirnya pas nikah, bisa cerai nikah, cerai nikah gitu. . Capek deh, mending jomblo, terus nikah😎 @sandyn23_ | #sandyn23_
204 6
Jangan sampai kita termasuk orang yang lalai, memilih mendoakan dia yang belum pasti untuk kita, sampai lupa mendo'akan ibu yang selalu ada. . @sandyn23_ | #sandyn23_
259 4
Nanya doang kok😂 . @sandyn23_ | #sandyn23_
242 22
Aamiin. . @sandyn23_ | #sandyn23_
246 4
Bismillah... . Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا . “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128) . Hadits ini merupakan tanda mukjizat kenabian. Kedua golongan ini sudah ada di zaman kita saat ini. Hadits ini sangat mencela dua golongan semacam ini. Kerusakan seperti ini tidak muncul di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam karena sucinya zaman beliau, namun kerusakan ini baru terjadi setelah masa beliau hidup (Lihat Syarh Muslim, 9/240 dan Faidul Qodir, 4/275). Wahai Rabbku. Dan zaman ini lebih nyata lagi terjadi dan kerusakannya lebih parah. . Saudariku, pahamilah makna kasiyatun 'ariyatun. Ibnu ‘Abdil Barr rahimahullah mengatakan, “Makna kasiyatun ‘ariyatun adalah para wanita yang memakai pakaian yang tipis yang menggambarkan bentuk tubuhnya, pakaian tersebut belum menutupi (anggota tubuh yang wajib ditutupi dengan sempurna). Mereka memang berpakaian, namun pada hakikatnya mereka telanjang.” (Jilbab Al Mar’ah Muslimah, 125-126) . WallahuA'lam, semoga bermanfaat. @sandyn23_ | #sandyn23_ - #regrann
89 1
Pun sebaliknya, jika dia pergi, jangan berharap dia kembali. . #kataemak . @sandyn23_ | #sandyn23_
283 6
Termasuk rahasia bahwa dia mengagumimu. . @sandyn23_ | #sandyn23_
216 3
Akupun tak mengerti😌 . @sandyn23_ | #sandyn23_
243 4
Biasalah, namanya juga wanita😌 . @sandyn23_ | #sandyn23_
212 16
Yassalam😂 . @sandyn23_ | #sandyn23_
253 4
Idaman😬 . Nb : poin ke 1 lebih utama . @sandyn23_ | #sandyn23_
326 19
Rasanya tuh... Susah deh di jelasin. . @sandyn23_ | #sandyn23_
243 5
Perempuan itu rumit, jika kau terlalu memaksa maka dia akan patah, jika kau biarkan dia akan bengkok selamanya.. . Kuncinya, pahami mereka. Paham ikhwan? . @san@sandyn23_ | #sandyn23_ #Repost @sandyn23_ with @insta.save.repost • • •
8 0
Perempuan itu rumit, jika kau terlalu memaksa maka dia akan patah, jika kau biarkan dia akan bengkok selamanya.. . Kuncinya, pahami mereka. Paham ikhwan? . @sandyn23_ | #sandyn23_
269 4
Jangan nonton sendiri, itu berat, denganku saja😂 . @sandyn23_ | #sandyn23_
281 3
Nanti juga kau mengerti Roma. . @sandyn23_ | #sandyn23_
189 2
📝 Ini tidak lucu Hijrah hanya untuk mencari pasangan yang baik, dan parahnya yang kita dapatkan hijrahnya juga gak total karena Allah, karena niatnya sama dengan kita, hanya untuk mencari pasangan saja. Teman, mengapa dalam kitab Al-Wafi' dan Hadist Al-Arba'in, penjelasan pada bab pertama adalah niat? Karena niat kita sangat berpengaruh pada apa yang akan kita dapatkan. Seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang di niatkannya, maka niat itu bukanlah perkara main-main. Ketika kita hijrah hanya untuk mencari pasangan saja, maka kita akan mendapatkannya, tapi tidak mendapatkan ridho Allah. Namun ketika kita hijrah karena Allah Ta'ala, maka Allah sendiri yang akan mendatangkan siapa yang pantas untuk kita. Bukankah ketika Zulaikha mengejar cinta Yusuf, Yusuf semakin jauh darinya. Tetapi ketika Zulaikha memilih untuk mendekat kepada Allah, Allah justru datangkan Yusuf untuk Zulaikah. Kisah diatas cukup untuk menjadi pembelajaran, ketika kita niat karena Allah maka yang akan kita dapatkan adalah ridho Allah dan Allah akan memberikan bonus dunia untuk kita. Teman percayalah, ini tidak lucu. Jika sedari awal kita sudah salah niat, maka sangatlah merugi, sangatlah merugi. Maka dari itu, tulisan saya kali ini selain menjadi pengingat diri pribadi, mungkin bisa menjadi evaluasi bersama,untuk memperbaiki niat hijrah kedepannya. Wallahu'Alam, semoga bermanfaat. @sandyn23_ | #sandyn23_
34 0
Begitulah... . @sandyn23_ | #sandyn23_
234 4
Dimanapun kau berada, sejauh apapun dirimu, jika benar engkaulah takdirku,percayalah, suatu hari nanti, kita akan bertemu. Berdo'alah, dan percaya kepada-nya, kelak jika saatnya telah tiba, kita akan di pertemukan oleh-NYA. Selasa 23 Januari 2018 Sandy Syafrudin Nina @sandyn23_ | #sandyn23_
251 5
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memegang pundaknya, lalu berkata, . كُنْ فِى الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ ، أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ . “Hiduplah kalian di dunia seakan-akan seperti orang asing, atau seperti seorang pengembara.” . Ibnu ‘Umar lantas berkata, . “Jika engkau berada di petang hari, janganlah tunggu sampai datang pagi. Jika engkau berada di pagi hari, janganlah tunggu sampai datang petang. Manfaatkanlah waktu sehatmu sebelum datang sakitmu. Manfaatkanlah pula waktu hidupmu sebelum datang matimu.” (HR. Bukhari, no. 6416) . Hadits di atas mengajarkan bahwa dunia ini bukanlah tempat kita menetap dan bukanlah negeri kita sesungguhnya. Dari sini seharusnya setiap mukmin berada pada salah satu dari dua keadaan berikut. . Hidup seperti orang asing yang tinggal di negeri asing. Yang ia lakukan: 1. Hatinya tidak bergantung pada dunia. Hatinya bergantung pada kampung sesungguhnya yang nanti ia akan kembali, yaitu negeri akhirat. . 2. Mukim di dunia hanya untuk menyiapkan bekal menuju ke kampung akhirat. . 3. Tidak pernah bersaing yaitu antara orang asing tadi dan penduduk asli (penggila dunia). . 4. Tidak pernah gelisah ketika ada yang mendapatkan dunia. Itulah orang asing. . ‘Atho’ As-Salimi berkata dalam doanya, . اللهمَّ ارْحَمْ فِي الدُّنْيَا غُرْبَتِي ، وَارْحَمْ فِي القَبْرِ وَحْشَتِي ، وَارْحَمْ مَوْقِفِي غَداً بَيْنَ يَدَيْكَ . “Ya Allah, rahmatilah keasinganku di dunia, selamatkanlah dari kesedihan di kuburku, rahmatilah aku ketika aku berdiri di hadapan-Mu kelak.” (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 2: 379) . Orang yang tergila dengan dunia, lupa akan akhirat, gambarannya seperti yang disampaikan oleh Yahya bin Mu’adz Ar-Razi, . “Dunia adalah khamarnya setan. Siapa yang mabuk, barulah tersadarkan diri ketika kematian (yang gelap) itu datang. Nantinya ia akan menyesal bersama dengan orang-orang yang merugi.” (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 2: 381) . Sumber : https://rumaysho.com/12553-butuh-bekal-ke-kampung-akhirat.html . WallahuA'lam, semoga bermanfaat. . @sandyn23_ | #sandyn23_ @muslimahkartun #islam #muslimahberhijrah #musahabahdiri #selfreminder #duniasemu #gojannah #inshaAllah #quoteislam
42 0
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memegang pundaknya, lalu berkata, . كُنْ فِى الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ ، أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ . “Hiduplah kalian di dunia seakan-akan seperti orang asing, atau seperti seorang pengembara.” . Ibnu ‘Umar lantas berkata, . “Jika engkau berada di petang hari, janganlah tunggu sampai datang pagi. Jika engkau berada di pagi hari, janganlah tunggu sampai datang petang. Manfaatkanlah waktu sehatmu sebelum datang sakitmu. Manfaatkanlah pula waktu hidupmu sebelum datang matimu.” (HR. Bukhari, no. 6416) . Hadits di atas mengajarkan bahwa dunia ini bukanlah tempat kita menetap dan bukanlah negeri kita sesungguhnya. Dari sini seharusnya setiap mukmin berada pada salah satu dari dua keadaan berikut. . Hidup seperti orang asing yang tinggal di negeri asing. Yang ia lakukan: 1. Hatinya tidak bergantung pada dunia. Hatinya bergantung pada kampung sesungguhnya yang nanti ia akan kembali, yaitu negeri akhirat. . 2. Mukim di dunia hanya untuk menyiapkan bekal menuju ke kampung akhirat. . 3. Tidak pernah bersaing yaitu antara orang asing tadi dan penduduk asli (penggila dunia). . 4. Tidak pernah gelisah ketika ada yang mendapatkan dunia. Itulah orang asing. . ‘Atho’ As-Salimi berkata dalam doanya, . اللهمَّ ارْحَمْ فِي الدُّنْيَا غُرْبَتِي ، وَارْحَمْ فِي القَبْرِ وَحْشَتِي ، وَارْحَمْ مَوْقِفِي غَداً بَيْنَ يَدَيْكَ . “Ya Allah, rahmatilah keasinganku di dunia, selamatkanlah dari kesedihan di kuburku, rahmatilah aku ketika aku berdiri di hadapan-Mu kelak.” (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 2: 379) . Orang yang tergila dengan dunia, lupa akan akhirat, gambarannya seperti yang disampaikan oleh Yahya bin Mu’adz Ar-Razi, . “Dunia adalah khamarnya setan. Siapa yang mabuk, barulah tersadarkan diri ketika kematian (yang gelap) itu datang. Nantinya ia akan menyesal bersama dengan orang-orang yang merugi.” (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 2: 381) . Sumber : https://rumaysho.com/12553-butuh-bekal-ke-kampung-akhirat.html . WallahuA'lam, semoga bermanfaat. . @sandyn23_ | #sandyn23_
926 0
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memegang pundaknya, lalu berkata, . كُنْ فِى الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ ، أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ . “Hiduplah kalian di dunia seakan-akan seperti orang asing, atau seperti seorang pengembara.” . Ibnu ‘Umar lantas berkata, . “Jika engkau berada di petang hari, janganlah tunggu sampai datang pagi. Jika engkau berada di pagi hari, janganlah tunggu sampai datang petang. Manfaatkanlah waktu sehatmu sebelum datang sakitmu. Manfaatkanlah pula waktu hidupmu sebelum datang matimu.” (HR. Bukhari, no. 6416) . Hadits di atas mengajarkan bahwa dunia ini bukanlah tempat kita menetap dan bukanlah negeri kita sesungguhnya. Dari sini seharusnya setiap mukmin berada pada salah satu dari dua keadaan berikut. . Hidup seperti orang asing yang tinggal di negeri asing. Yang ia lakukan: 1. Hatinya tidak bergantung pada dunia. Hatinya bergantung pada kampung sesungguhnya yang nanti ia akan kembali, yaitu negeri akhirat. . 2. Mukim di dunia hanya untuk menyiapkan bekal menuju ke kampung akhirat. . 3. Tidak pernah bersaing yaitu antara orang asing tadi dan penduduk asli (penggila dunia). . 4. Tidak pernah gelisah ketika ada yang mendapatkan dunia. Itulah orang asing. . ‘Atho’ As-Salimi berkata dalam doanya, . اللهمَّ ارْحَمْ فِي الدُّنْيَا غُرْبَتِي ، وَارْحَمْ فِي القَبْرِ وَحْشَتِي ، وَارْحَمْ مَوْقِفِي غَداً بَيْنَ يَدَيْكَ . “Ya Allah, rahmatilah keasinganku di dunia, selamatkanlah dari kesedihan di kuburku, rahmatilah aku ketika aku berdiri di hadapan-Mu kelak.” (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 2: 379) . Orang yang tergila dengan dunia, lupa akan akhirat, gambarannya seperti yang disampaikan oleh Yahya bin Mu’adz Ar-Razi, . “Dunia adalah khamarnya setan. Siapa yang mabuk, barulah tersadarkan diri ketika kematian (yang gelap) itu datang. Nantinya ia akan menyesal bersama dengan orang-orang yang merugi.” (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 2: 381) . Sumber : https://rumaysho.com/12553-butuh-bekal-ke-kampung-akhirat.html . WallahuA'lam, semoga bermanfaat. . @sandyn23_ | #sandyn23_
156 0
Ada seseorang yang ketika di hadapan orang banyak terlihat alim dan shalih. Namun kala sendirian, saat sepi, ia menjadi orang yang menerjang larangan Allah. . Inilah yang dapat dilihat dari para penggiat dunia maya. Ketika di keramaian atau dari komentar ia di dunia maya, ia bisa berlaku sebagai seorang alim dan shalih. . Namun bukan berarti ketika dalam kesepian, ia seperti itu pula. Ketika sendirian browsing internet, ia sering bermaksiat. Pandangan dan pendengarannya tidak bisa ia jaga. . Keadaan semacam itu telah disinggung oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jauh-jauh hari. Dalam hadits dalam salah satu kitab sunan disebutkan, . Dari Tsauban, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Sungguh aku mengetahui suatu kaum dari umatku datang pada hari kiamat dengan banyak kebaikan semisal Gunung Tihamah. Namun Allah menjadikan kebaikan tersebut menjadi debu yang bertebaran.” Tsauban berkata, “Wahai Rasulullah, coba sebutkan sifat-sifat mereka pada kami supaya kami tidak menjadi seperti mereka sedangkan kami tidak mengetahuinya.” . Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Adapun mereka adalah saudara kalian. Kulit mereka sama dengan kulit kalian. Mereka menghidupkan malam (dengan ibadah) seperti kalian. Akan tetapi mereka adalah kaum yang jika bersepian mereka merobek tirai untuk bisa bermaksiat pada Allah.” (HR. Ibnu Majah no. 4245. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan). . Hadits di atas semakna dengan ayat, . “Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang Allah tidak ridhai. Dan adalah Allah Maha Meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. An-Nisa’: 108). . WallahuA'lam, semoga bermanfaat. . @sandyn23_ | #sandyn23_
192 1